Sabtu, 25 Juni 2016

Analisis Penerapan E-Commerce pada Website Lazada

Kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa semakin meningkat dengan adanya kemajuan di bidang teknologi, komputer dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di Internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri. Penggunaan internet telah mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan secara cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut kita dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line.
Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Penerapan teknologi e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat dan segala layanan yang diinginkan oleh para pelanggan dapat segera ditindak lanjuti dengan secepat mungkin.

Syarat-Syarat E-Commerce
Web E-Commerce dinilai terutama berdasarkan pada faktor-faktor berikut ini:
1. Petunjuk dan Informasi Pasar, yaitu kualitas dan ketersediaan isi web yang bermanfaat serta perangkat atau alat-alat bantu yang bermanfaat bagi pengunjung.
2.  Harga, yaitu harga produk yang dijual, termasuk persepsi konsumen terhadap harga suatu produk.
3. Pelayanan Konsumen, yaitu tingkat pemberian tanggapan dan kualitas e-mail serta pelayanan pusat informasi konsumen.
4. Pengiriman Barang, yaitu tentang adanya pilihan cara pengiriman, proses pengembalian barang, kemampuan untuk menelusuri sampai dimana barang telah dikirim, serta ketepatan waktu pengiriman.
5. Fasilitas dan Isi Web, yaitu ketersediaan pengecekkan barang dengan hanya satu klik, hadiah-hadiah, keterangan produk, serta tanggapan dari para konsumen.
6. Transaksi, yaitu bagaimana kualitas web pada saat konsumen membeli produk atau melakukan transaksi keuangan.
7. Usability, yaitu apakah suatu site mudah digunakan, termasuk navigasi yang jelas, serta keseluruhan tampilan visual.

Karakteristik E-Commerce
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus. Pengertian-pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli mengenai ecommerce dapat ditarik kesimpulan bahwa e-commerce mempunyai suatu karakteristik, yaitu:
1.    Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
2.    Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
3.    Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Menurut Nurfansa Wira Sakti, karakteristik e-commerce diantaranya adalah:
1.    Transaksi tanpa batas
2.    Transaksi anonim
3.    Produk digital dan non digital
4.    Produk barang tak berwujud

PEMBAHASAN DAN HASIL

Lazada Indonesia berdiri pada tahun 2012 yang sampai sekarang ini berkembang dengan pesat. Lazada merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara, terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, dan Lazada Filipina.
Lazada merupakan toko online atau e-commerce retailer di Indonesia yang memberikan kemudahan untuk membeli segala produk yang bemacam-mcam dari produk eloktonik, dekorasi rumah, produk kesehatan hingga produk kecantikan dengan hanya mengakses di situs Lazada.
Lazada merupakan perintis e-commerce di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan beberapa pengalaman belanja online cepat, aman dan  nyaman. Lazada.co.id adalah prioritas tertinggi bagi Lazada untuk menciptakan pengalaman belanja onlie terbaik untuk setiap pelanggan di Indonesia. 
     Adapun hasil dari pembahasan tiap makalah yang telah di review adalah :

     Penjualan dalam Lazada lebih berfokus kepada B2C (Business to Customer) dimana target pemasaran perusahaan adalah pembeli individu. Sistem penjualan di Lazada ingin memberikan sebuah pengalaman kepada pembeli atau customer experience yang berbeda dari jika pembeli membeli dari toko secara fisik. Lazada lebih berfokus kepada penjualan produk electronik, buku, software, perlengkapan otomotif, dan peralatan rumah tangga serta sejumlah kecil aksesoris, produk kecantikan dan kesehatan.

Sistem transaksi pada Lazada, yaitu pembeli yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapat menggunakan e-credit cards sebagai alat pembayaran. Sistem pembayaran pertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yang dikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank transfers, dimana pembeli dapat menggunakan sistem transfer melalui 2 rekening yang tersedia, yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery

            Lazada menyediakan sebuah fitur yang memudahkan pembeli untuk mencari produk dan megurutkannya dari barang yang populer ke barang yang kurang populer dan juga bisa mengurutkannya berdasarkan rating ataupun bisa diurutkan sesuai dengan harganya. Untuk ongkos kirim barang dari Lazada sangat murah untuk zona 2 dan zona 3, sedangkan untuk zona 1 biaya pengiriman gratis.

     Prinsip IMK adalah pengertian bagaimana manusia dan  komputer dapat secara interaktif menyelesaikan penugasan dan bagaimana sistem yang interaktif tersebut dapat dibuat. Tampilan pada website lazada lebih menarik, dan terkesan lebih elegan dibandingkan e-commerce lainnya. Selain itu lazada merupakan website yang user friendly. Karena Lazada memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website tersebut. Selain itu di lazada juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.

KESIMPULAN
Lazada.co.id baru berdiri sekitar 3 tahun. Tetapi jika dilihat dari kesuksesan yang diraih pendahulunya, yaitu amazon memang masih sangat jauh, karena sistem dari lazada sendiri yang lebih berfokus kepada regional, tidak seperti amazon yang bisa melayani seluruh dunia.
Lazada lebih banyak disebar diberbagai negara, dimana untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia lah yang menjadi cabang pertama dari lazada. Keunggulan lazada adalah mereka berfokus kepada daerah layanan mereka sendiri yang lebih bersifat regional, seperti lazada ID berfokus kepada pelayanan terhadap konsumen diseluruh indonesia. Sistem e-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahaanya, yaitu lazada sangat diminati oleh para konsumen.
Kelebihan lazada dengan sistem e-commerce lainnya adalah pelayanan yang diterapkan oleh lazada sangat profesional, terlihat dengan sistem pengirimannya yang menggandeng Go-Jek untuk layanan antar COD, dan GED untuk layanan antar diluar area Jakarta dan sekitarnya. Selain itu kemudahan yang disediakan untuk melakukan pesanan tanpa harus melalui proses yang sangat berbelit-belit serta bagaimana juga konsumen tanpa harus menunggu lama-lama agar barangnya tiba ditempat yang diinginkan.
Kekurangan dari lazada yang sangat menonjol adalah tidak menutup kemungkinan dari consumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs e-commerce ini yang dikarenakan nomor customer service yang dicantumkan di situs merupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama dengan kebanyakan situs / penjual produk bohongan (penipuan) yang juga tersebar di internet.

Sumber:
Kemal Ade Sukarwati, Introduction to E-Commerce, Jurnal Lembaga Pengembangan Komputerisasi, 2001.
Pearson Education.Inc,E-Commerce:    Pasar Digital, Barang Digital, Jurnal Prentice Hall, 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bootcamp SAP Part3

Pada hari ke 22 training tanggal 5 Juli 2017 diadakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana peserta bootcamp memahami materi yan...