Senin, 27 Juni 2016

Augmented Reality Wisata dan Kuliner di Kota Bogor

A. Latar Belakang
Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Secara geografis Kota Bogor terletak di antara 106°43’30”BT - 106°51’00”BT dan 30’30”LS – 6°41’00”LS serta mempunyai ketinggian rata-rata minimal 190 meter, dan maksimal 350 meter. Kedudukan geografis Kota Bogor berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya sangat dekat dengan Ibukota Negara. Dahulu luas Kota Bogor adalah 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 949.066 jiwa (2010). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Pada masa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram".
Selain dikenal dengan kota hujan Bogor dikenal sebagai tempat wisata dan kulinernya yang menarik. Wisata adalah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik wisata yang dikunjunginya dalam jangka waktu sementara dan kuliner adalah suatu bagian hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari.
Bogor sekarang menjadi salah satu kota tujuan bagi pencinta wisata dan kuliner. Banyak tempat wisata dan kuliner yang menarik di Kota Bogor yang dapat di kunjungi. Lokasi Bogor yang dekat dengan ibukota Jakarta juga menjadi  nilai tambah tersendiri, karena memberikan kemudahan akses bagi yang ingin melakukan wisata dan kuliner di Kota Bogor.
Seiring  dengan berkembangnya teknologi di bidang mobile phone, banyak yang bersaing menawarkan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat digunakan. Salah satunya adalah AR (Augmented Reality). AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

B. Batasan Masalah
Batasan masalah penulisan ini adalah penulis akan membuat 5 simbol dari wisata dan 5 simbol dari kuliner dengan menampilkan keterangan, seperti nama, lokasi, kisaran harga dan fasilitas dalam bentuk teks dan menggunakan peta Kota Bogor sebagai marker. Dengan penerapan teknologi AR (Augmented Reality) pada mobile berbasis  Android. Pembuatan aplikasi Android AR ini menggunakan  ADT, Android SDK, aplikasi Adobe Photoshop CS 6 untuk desain layout, aplikasi Blender sebagai pembuatan objek 3D, bahasa C#, tool Vuforia dan Unity untuk pembuatan AR.

C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah membuat aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat Kota Bogor dan masyarakat yang sedang berkunjung ke Kota Bogor mencari informasi terkait tempat wisata dan kuliner di Kota Bogor.

D. Gambaran Umum
Aplikasi Augmented Reality Informasi Wisata dan Kuliner di Kota Bogor Berbasis Android merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan informasi wisata dan kuliner yang disajikan ke dalam bentuk informasi objek tiga dimensi (3D) dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Untuk mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan marker yang digunakan sebagai image target yang dapat menampilkan informasi digital berupa teks dan objek 3D. Marker ini berupa selembar kertas dan cara kerja pada aplikasi ini, yaitu user telah memiliki aplikasi AR wisata dan kuliner, lalu memilih menu wisata dan kuliner yang diinginkan kemudian arahkan kamera yang ada pada perangkat mobile Android ke image target (marker), setelah itu marker akan dibaca oleh kamera yang kemudian dikonversi kedalam piksel yang akan diproses oleh tracker. Kemudian objek akan di konversi sesuai dengan ukuran frame marker dan kamera akan mendeteksi marker tersebut, setelah marker terdeteksi maka akan tampil objek 3D.

E. Kesimpulan
Aplikasi Augmented Reality Informasi Wisata dan Kuliner di Kota Bogor Berbasis Android ini telah berhasil dibuat dengan menggunakan Blender, Unity 3D dan Vuforia Unity Android. Berdasarkan hasil uji coba aplikasi yang dilakukan pada perangkat mobile Android diperoleh kesimpulan, bahwa aplikasi ini dapat menjelaskan informasi secara singkat tentang wisata dan kuliner di Kota Bogor dengan lebih menarik. Kelebihan dari aplikasi ini dapat memberikan gambaran terkait tempat wisata dan kuliner yang berada di Kota Bogor. Selain itu, aplikasi ini masih terdapat kekurangan, yaitu tampilan objek 3D dan informasi yang kurang detail. 

F. Saran
Aplikasi Augmented Reality Informasi Wisata dan Kuliner di Kota Bogor Berbasis Android ini masih sangat sederhana, penulis menyarankan untuk pengembangan program aplikasi dan isi dari aplikasi. Pengembangan selanjutnya sebaiknya dilakukan dengan, penambahan objek dari tempat wisata dan kuliner yang lebih banyak lagi, penyempurnaan objek 3D dan informasi yang ditampilkan agar lebih mendetail.

G. Output Aplikasi

Tampilan Splash Screen
Tampilan Awal Aplikasi
Tampilan Menu Wisata
Tampilan Objek 3D
Tampilan Informasi
Tampilan Tentang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bootcamp SAP Part3

Pada hari ke 22 training tanggal 5 Juli 2017 diadakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana peserta bootcamp memahami materi yan...