Rabu, 29 Juni 2016

PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI RUMAH SAKIT

A. Pengertian Rumah Sakit
Rumah Sakit adalah suatu fasilitas umum yang berfungsi sebagai pusat pelayanan kesehatan meliputi pencegahan dan penyembuhan penyakit, serta pemeliharaan, peningkatan dan pemulihan kesehatan secara paripurna.

B. Sistem Analisis Yang Berjalan
Analisis sistem merupakan gambaran tentang sistem yang saat ini sedang berjalan di perancangan sistem Rumah Sakit pada bagian administrasi, sistem yang digunakan masih sederhana dengan menggunakan aplikasi untuk melakukan inputan data pasien. Analisis sistem ini bertujuan untuk membuat sistem yang baru yang terkomputerisasi sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

C. Analisa Masalah Rumah Sakit
Masalah pendataan data pasien masih belum menggunakan sistem komputerisasi seperti dalam pencataan data dan penyimpanan data pasien pada rumah sakit dan media yang digunakan untuk penyimpanan berkas-berkas atau sesuatu yang penting lainnya dalam ruang lingkup pencatatan data adalah media (buku dan jenis kertas lainnya). Kendala yang dihadapi oleh pihak rumah sakit sebagai berikut:
1. Pihak rumah sakit masih harus mencatat dan menyimpan data dengan sistem manual dan peluang kartu pasien untuk rusak dan hilang kemungkinan besar dapat terjadi.
2. Proses pencatatan data yang dilakukan akan banyak menyita waktu, tenaga dan juga biaya.

D. Data Flow Diagram
Data Flow Diagram (DFD) adalah sebuah diagram yang sering digunakan untuk menggambarkan secara logika bagaimana data itu mengalir, dimana data tersebut akan disimpan dan kemana saja laporan yang akan dibuat itu diberikan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar di bawah ini:

E. Perancangan Input Admin
1. Entry Data Pasien
Data pasien harus diisi oleh admin untuk tamu yang datang langsung.


2. Entry Data Kamar
Data kamar diisi oleh admin sesuai permintaan dari tamu mengenai jenis kamar dan fasilitas.


3. Entry Data Dokter
Data dokter diisi oleh admin dengan ketentuan yang meliputi kode dokter, nama dokter dan spesialisasi.


4. Entry Data Transaksi
Data transaksi diisi oleh admin bagi pasien yang akan melakukan pembayaran.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bootcamp SAP Part3

Pada hari ke 22 training tanggal 5 Juli 2017 diadakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana peserta bootcamp memahami materi yan...