Senin, 27 Juni 2016

Contoh UML (Sequence Diagram)

     Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display/form) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Berikut langkah-langkah membuat Sequence diagram:

1. Buka aplikasi untuk membuat UML, disini saya menggunakan "StarUML" kemudian pilih
"Model" lalu klik "Add Diagram" dan pilih "Sequence Diagram".

2. Setelah itu untuk membuat Lifeline, Message dan Self Message terdapat pada menu toolbox Interactions (Basic) lalu klik yang diinginkan.

3. Berikut tampilan dari Lifeline, Message dan Self Message:

Lifeline
Message
Self Message

4. Berikut ini tampilan dari Sequence Diagram:


Keterangan:
Diagram diatas dimulai dari user membuka aplikasi  yang telah terinstal di perangkat Smartphone. Setelah user mengklik aplikasi tersebut maka akan langsung masuk ke menu utama yang terintegrasi dengan kamera. Ketika user mengarahkan kamera ke marker maka akan memunculkan obyek dari marker tersebut. Bila user menekan tombol “keluar” dari aplikasi maka aplikasi tersebut akan keluar.
  • Lifeline              : Menggambarkan daur hidup sebuah objek.
  • Message             :  Menggambarkan aktivitas atau  pekerjaan dari waktu ke waktu dengan menggunakan pesan dari unsur ke unsur.
  • Self Message : Mencerminkan suatu metoda atau proses baru yang dilibatkan di dalam pemanggilan operasi lifeline’s. Ini merupakan suatu spesifikasi suatu pesan.
                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bootcamp SAP Part3

Pada hari ke 22 training tanggal 5 Juli 2017 diadakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana peserta bootcamp memahami materi yan...