Sabtu, 25 Juni 2016

D'Hansy Cactus

D’Hansy Cactus adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan yang beranggotakan 6 orang. D’hansy Cactus merupakan merk dari produk kami yang menjual produk tanaman kaktus hias mini yang dapat dijadikan sebagai hiasan, hadiah ulang tahun, cendra mata pernikahan dan lain sebagainya. “Love Your Earth‟ merupakan slogan D’Hansy Cactus yang menggambarkan komitmen D’Hansy sebagai penjual tanaman kaktus hias yang peduli dan mencintai keindahan alam beserta tanaman-tanaman yang tumbuh indah di bumi ini, kami juga ingin mengajak seluruh manusia agar kita semua ikut andil untuk mencintai, menjaga, memelihara dan melestarikan alam yang ada di bumi kita demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
Kami akan memasarkan produk kami pada kalangan seperti pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum di area sekitar sekolah dan kampus. Cara pemasaran adalah melalui sosial media dan memasarkannya secara langsung. D’Hansy Cactus berkomitmen untuk tetap mengembangkan produk-produk melalui inovasi dan renovasi demi memuaskan kebutuhan konsumennya.
D’Hansy Cactus merupakan perusahaan bisnis skala kecil, dalam memulai pengoperasian bisnis kami tentunya mebutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan dari bisnis kami. Dana tersebut dikumpulkan dari masing-masing anggota (berjumlah 6 orang) yang kemudian dikumpulkan dan dijadikan sebagai modal. Bagian finance mengatur kas modal yang telah terkumpul, kemudian mencatat dan menghitung keperluan apa saja yang dibutuhkan dan berapa dana yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Namun, pada awal pengoperasian bisnis, modal yang kami kumpulkan sangatlah cukup dan kami tidak memerlukan pinjaman dari pihak manapun.
Arus kas adalah pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Proses ini meliputi:
·  Cash Inflow
Pada arus kas D’Hansy Cactus ini terjadi kegiatan transaksi yang memberikan keuntungan bagi kami, yaitu hasil dari penjualan tanaman kaktus dan sukulen.
·      Cash Outflow
Pada arus kas D’Hansy Cactus juga terdapat kegiatan yang mengakibatkan beban pengeluaran kas, yaitu pengeluaran untuk pembelian tanaman kaktus dan sukulen pada supplier serta pencetakkan stiker logo, stiker cara perawatan dan kartu nama.
Pada laporan Arus Kas ini berguna untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan serta dalam merencanakan aktivitas investasi dan pendanaan di masa depan. Laporan Arus Kas dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.        Aktivitas Operasi
Arus kas dari kegiatan operasi merupakan arus kas yang berasal dari aktivitas penghasil utama pendapatan perusahaan. Kegiatan ini melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang masuk ke dalam penentuan laba bersih. Arus Kas yang berasal dari kegiatan operasi:
·      Kas yang diterima dari penjualan tanaman hias kaktus dan sukulen Rp. 490.000,-
·      Pembayaran kas untuk membeli kaktus dan sukulen, mencetak sticker dan biaya transportasi Rp.360.000,-
2.        Aktivitas Investasi
Arus kas dari aktifitas investasi ini adalah dengan membeli beberapa kebutuhan jangka panjang ataupun pendek yang dapat diinvestasikan untuk kegiatan bisnis kedepannya. Adapun arus kas dari kegiatan ini antara lain meliputi:
·      Pencetakan sticker logo, tips perawatan dan kartu nama Rp. 24.000,-
3.        Aktivitas Pendanaan
Arus kas dari aktivitas pendanaan ini diperoleh dari gabungan uang  yang dikumpulkan setiap anggota kami yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan bisnis perusahaan. Adapun arus kas dari kegiatan ini adalah:
·      Kas dari setiap anggota kelompok Rp. 360.000,-

Finance Report:
Minggu Pertama:

Minggu Kedua:

Minggu Ketiga:

Grafik:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Bootcamp SAP Part3

Pada hari ke 22 training tanggal 5 Juli 2017 diadakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana peserta bootcamp memahami materi yan...